Home , → Rename Banyak File Menggunakan Bulk Rename Utility

Rename Banyak File Menggunakan Bulk Rename Utility

Jumat, 07 November 2014
Sering kali saya dihadapkan untuk me-rename banyak file sekaligus. Awalnya saya kerjakan secara manual walaupun sangat tidak mengenakkan dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Menyebalkannya lagi, hal yang sama saya lakukan berulang kali. Saat otak mulai jera melakukan pekerjaan itu, sayapun mencari solusi dan saya temukankah aplikasi komputer gratis bernama Bulk Rename Utility.

Sampai pada saat artikel ini saya tuliskan, software Bulk Rename Utility memiliki versi terbarunya 2.7.1.2 yang terdiri dari 2 arsitektur Windows yaitu 32 bit dan 64 bit. Support semua versi Windows, dari Windows NT, 2000, sampai Windows 7 dan Windows 8 sebagai Windows terbaru.

Bulk Rename Utility adalah perangkat lunak komputer gratis yang mampu mengubah nama file untuk Windows secara masal. Bulk Rename Utility memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengubah nama file dan seluruh folder berdasarkan kriteria yang sangat fleksibel.

Menambahkan tanggal, mengganti nomor, menyisipkan teks, menambahkan angka secara otomatis, serta memungkinkan anda untuk melakukannya bukan hanya pada file, namun juga folder hingga sub folder.

Cara Menggunakan Bulk Rename Utility Untuk Mengubah Nama Banyak File

  1. Download Bulk Rename Utility 2.7.1.2, sesuaikan dengan arsitektur Windows yang terinstall pada komputer atau laptop anda (32 bit / 64 bit) lalu Install (link ada di bagian akhir artikel).
  2. Jalankan aplikasi komputer gratis Bulk Rename Utility terbaru yang telah anda install
  3. Cari letak file atau folder yang hendak anda rename secara masal, perhatikan gambar di atas.
  4. Pada contoh di atas, saya akan menghapus 2 digit angka dan 1 spasi di belakang 2 angka (3 karakter)
  5. Kolom A adalah letak folder dimana file yang akan saya rename tersimpan
  6. Kolom B adalah Nama file asli yang ingin saya rename (hapus 3 karakter dari depan)
  7. Kolom C adalah nama nama file baru hasil dari me-rename
  8. Kolom D adalah perintah Remove. Pada kolom D, terdapat angka 1 dan 3. From 1 adalah awal dari karakter yang hendak saya hapus dan to 3 adalah akhir dari karakter yang saya hapus.
  9. Jika semua setting telah benar (lihat pada kolom C apakah sudah sesuai), lanjutkan dengan klik tombol Renama yang terletak dibagian kanan bawah.
  10. Akan muncul kotak dialog, lanjutkan dengan klik OK
Seketika itu juga file anda sudah berganti nama sesui dengan yang anda kehendaki, semoga bermanfaat

Download Bulk Rename Utility 2.7.1.2 Terbaru

Download 32 bit    |   Download 64 bit 
Tag »

0 Komentar Untuk "Rename Banyak File Menggunakan Bulk Rename Utility"

Isi Komentar Anda di sini Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terimakasih atas komentar Anda di "Rename Banyak File Menggunakan Bulk Rename Utility"